Cara Mengatasi Kakao / Coklat Dari Hama dan Tupai

Sebelum masuk pada cara mengatasi kakao dari hama dan tupai, tentu ada sedikit penjelasan apa itu kakao. Kakao adalah suatu tanaman buah yang sengaja ditanam oleh para petani, karena kakao bisa mendapatkan pengasilan dan ada juga sebagai mata pencarian bagi petani kakao. Jika kebun kakao terus dihapiri oleh hama atau tupai tentu akan membuat pengasilan petani akan berkurang. Banyak para petani yang sudah kehilangan akal dengan banyakya hama yang menyarang kebun kakao.

Kakao adalah kata sebutan dari bagian Lampung dan ada juga sebagian wilayah menyebut kakao sebagai buah coklat. Seperti di Kabupaten Pesisir Selatan orang-orang menyebut atau mengenal kakao sebagi coklat / buah coklat. Kakao dan coklat sama hanya beda sebutan saja pasti sudah banyak orang yang mengenal kakao atau coklat karena biji dalam buah kakao bisa dimakan dengan cara imut dan tidak menelan bijinya.


Cara Mengatasi Kakao / Coklat Dari Tupai & Hama
1. Mengatasi Tupai, untuk pencegahan buah kakao dari serangan tupai yang tidak ada hentinya memakan buah kakao sobat harus siap mengeluarkan sedikit modal untuk membeli r4<un tupai yang telah disediakan di tokoh 0b4t. Cara pemakaian r4<un tupai pada kakao potong sedikit kaleng minuman, lalu buat tempat pengikat dan ikat dibuah kakao, lalu masukan sedikit air kedalam kaleng tadi beri campuran r4<un tupai yang sudah dibeli.

Setelah itu gantungkan didekat buah kakao yang sudah hampir matang. Biasanya tupai selesai makan kakao/coklat akan haus dan disitulah tupai akan minum r@<un. Cara lain mengatasi tupai, juga dapat berburu dengan senapan angin dan sering juga meletuskan senapan angin kearah dimana tupai sering memakan buah kakao.

2. Mengatasi Hama, kakao yang diserang hama maka akan menyebabkan buah kakao hitam dan membusuk bagian ujunganya. Untuk pencegahan kakao dari hama lakukanlah pembersihan batang dan membersihkan semak dari kakao. Jika kakao dikelilingi semak maka hama akan mudah untuk menjalai buah kakao. Jika ada batang kakao yang berjarak dekat lakukan penebangan salah satu batang kakao dan usahakan batang kakao berjarak supaya matahari dapat menyinari buah kakao.

Nah begitulah cara mengatasi kakao dari tupai dan hama. Semoga artikel yang telah saya buat ini bermamfaat bagi petani yang mempunyai perkebunan kakao/coklat. Jika ada penulisan yang kurang mengerti cara mengatasi kakao dari hama dan tupai, saudara bisa langsung berkomentar dibawah ini mengenai judul yang telah saya buat diatas. Thank's


Cara Mengatasi Kakao / Coklat Dari Hama dan Tupai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

0 komentar:

Post a Comment