Pengertian dan Cara Kerja Sensor Posisi Poros Engkol Pada Motor

Hallo Sobat semua, pada awal 2017 ini admin Gue Palala akan berbagi sedikit pengetahuan buat kamu semua yang hobi dibidang otomotif. Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan tentang sensor posisi poros engkol pada mesin motor. Baiklah, mari langsung saja masuk pada penjelasannya berikut dibawah ini.

Pengertian - Sensor posisi poros engkol Crankshaft Position (CP) adalah salah satu contoh dari himpunan magnet. dan sensor CP juga mempunyai perangkat penghimpun magnet. Sensor CP biasanya ditempatkan pada blog egine. Cicin poros engkol ditempatkan pada poros engkol. Nah pada tonjolan logan ditempatkan dibagian pinggir cicin pulsa.


Cara Kerja - Saat berputarnya cicin pulsa maka tonjolan yang sejajar dengan ujung sensor posisi poros engkol. Maka saat itulah tonjolan logan akan bekerja memotong medan magnet. Setelah itu akan terjadi gangguan terhadap medan magnet membangkitkan teganggan sinyal teganggan pada lilitan kawat. Berikutnya sinyal teganggan akan diperkuat oleh ECU, penghimpun magnet yang digunakan pada sistem pegendali elektronik mencangkup.

- Posisi poros engkol
- Sensor kecepatan kendaraan
- Penghimpunan saat pengapian

Nah tegangan yang dihasilkan oleh pembangkit pulsa yaitu harus bolak, balik (ac). Pada saat kecepatan meningkat maka tegangan frekuensinya juga meningkat. Setelah itu CPU juga bekerja untuk memantau frekuensi sinyal untuk menghitung kecepatan poros dan posisinya.

Itulah pengertian dan cara kerja poros engkol pada motor. admin rasa postingan kali ini cukup sampai disini dulu. Jika ada penulisan kurang jelas mohon dimaafkan sepenuhnya. Karena saya hanya blogger biasa masih belajar dalam penyampain yang baik. Terimakasih banyak telah berkunjung di blog Gue Palala. Semoga jumpa lagi di postingan berikutnya.

Sumber : modul-bukuku.blogspot.co.id


Pengertian dan Cara Kerja Sensor Posisi Poros Engkol Pada Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

0 komentar:

Post a Comment